RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : I Sentra Persiapan
Tanggal : Agustus 2010
Tema : Nikmatnya Puasa
Sub Tema : Manfaat Puasa
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : tepuk-tepuk, menyanyi lagu puasa |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : membahas tema dan membuat kosa kata diawali dengan membaca buku cerita puasa |
| Kosakata | Sahur, buka tarawih kembang api |
| Konsep | Banyak, sedikit |
| lagu | Ramadhan, puasa |
| Bentuk | Lingkaran |
| Bilanagn | |
| Warna | Hijau biru |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting Masjid, warung, took, jalan raya - Skenario Malam ini Adi dan Salma mau tarawih ke masjid bersama ayah dan ibu, kebetulan masjidnya agak jauh dari rumah, jadi kita naik mobil melewati jalan raya yang ramai, dipinggir jalan ada yang jual es, nasi, mainan. Sebelum maghrib kita mampir untuk berbuka dulu, habis itu baru ke masjid - Peran Ayah, ibu, anak, (Adi dan Salma), penjual es dan nasi, penjual mainan, imam, makmum |
| Bahan dan alat | - Peralatan sholat - Mobil-mobilan - Gelas - Piring |
| Sebelum main | - Mengabsen anak-anak - Membacakan buku cerita tentang puasa - Menjelaskan setting tempat main yang sudah di scenario dan cara memainkannya - Bersamaa anak-anak membuat aturan main |
| Selama main | - Mengamati setiap anak selama bermain peran - Menjelaskan kepada anak yang belum memahami aturan main - Mencatat kegiatan main anak dalam format pengamatan dengan menunjuk pada indicator dalam perencanaan kegiatan main yang sudah disusun |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu untuk bermain sebelum beres-beres - Mengajak anak untuk beres-beres dengan klasifikasi - Menanyakan perasaan anak selama bermain - Mengajak anak untuk melakukan peregangan dengan menyanyi/ gerakan sederhana - Menutup kegiatan dengan sederhana |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Semua anak |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : I Sentra Persiapan
Tanggal : Agustus 2010
Tema : Nikmatnya Puasa
Sub Tema : Manfaat Puasa
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : tepuk-tepuk, menyanyi lagu puasa |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : membahas tema dan membuat kosa kata diawali dengan membaca buku cerita puasa |
| Kosakata | Sahur, buka tarawih kembang api |
| Konsep | Banyak, sedikit |
| lagu | Ramadhan, puasa |
| Bentuk | Lingkaran |
| Bilanagn | |
| Warna | Hijau biru |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting Masjid, warung, took, jalan raya - Skenario Malam ini Adi dan Salma mau tarawih ke masjid bersama ayah dan ibu, kebetulan masjidnya agak jauh dari rumah, jadi kita naik mobil melewati jalan raya yang ramai, dipinggir jalan ada yang jual es, nasi, mainan. Sebelum maghrib kita mampir untuk berbuka dulu, habis itu baru ke masjid - Peran Ayah, ibu, anak, (Adi dan Salma), penjual es dan nasi, penjual mainan, imam, makmum |
| Bahan dan alat | - Peralatan sholat - Mobil-mobilan - Gelas - Piring |
| Sebelum main | - Mengabsen anak-anak - Membacakan buku cerita tentang puasa - Menjelaskan setting tempat main yang sudah di scenario dan cara memainkannya - Bersamaa anak-anak membuat aturan main |
| Selama main | - Mengamati setiap anak selama bermain peran - Menjelaskan kepada anak yang belum memahami aturan main - Mencatat kegiatan main anak dalam format pengamatan dengan menunjuk pada indicator dalam perencanaan kegiatan main yang sudah disusun |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu untuk bermain sebelum beres-beres - Mengajak anak untuk beres-beres dengan klasifikasi - Menanyakan perasaan anak selama bermain - Mengajak anak untuk melakukan peregangan dengan menyanyi/ gerakan sederhana - Menutup kegiatan dengan sederhana |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Semua anak |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : II Sentra Persiapan
Tanggal : Agustus 2010
Tema : Nikmatnya Puasa
Sub Tema : Amalan Puasa
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : menyanyi rukun islam |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : menceritakan tentang berbagai amalan di bulan puasa di awali dengan membaca cerita |
| Kosakata | Shodaqoh ,berbagi , tarawih. |
| Konsep | Banyak sedikit |
| lagu | Lingkaran |
| Bentuk | Hijau, biru |
| Bilanagn | |
| Warna | |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting Masjid, warung, took, jalan raya - Skenario Hari ini ibu sedang membuat kolak untuk berbuka puasa , di bantu dengan dua anaknya yang bernama salsa dan salma , ibu meminta tolong untuk menyiapkan tempat / untuk di isi kolak yang akan di bagikan kepada tetangganya .salsa dan salma segera membawa kolak untuk di bagikan ke rumah rumah tetangga yang terletak di sebelah kanan dan kiri rumahnya , sehabis buka mereka pergi ke masjid untuk sholat tarawih. - Peran Ibu , anak ( salsa + salma ) tetangga ( bu dina+ pak amir ) imam , makmum |
| Bahan dan alat | - Mangkok - Panci - Alat masak lainya - Peralatan untuk sholat |
| Sebelum main | - Menanyakan keadaan anak anak - Menayakan siapa yang tidak hadir - Membacakan buku cerita tentang amalan di bulan puasa - Setting tempat main dan cara memainkanya - Bersama anak anak membuat aturan main |
| Selama main | - Mencatat dan mengobservasi perilaku bermain anak - Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang di lakukan - Memberi motivasi / dorongan, terutama pada anak yang cenderung pasif |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu untuk bermain sebelum beres-beres - Mengajak anak untuk beres-beres dengan klasifikasi - Mengulas kegiatan main - Berbagi cerita |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Istirahat dan makan - Penutup - Do’a - salam |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : III
Tanggal : Agustus 2010
Tema : Nikmatnya Puasa
Sub Tema : Keutamaan puasa
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : tepuk puasa |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : membahas tentang keutamaan puasa |
| Kosakata | Sholat, tarawih, zakat, sabar, sehat pahala |
| Konsep | Banyak sedikit |
| lagu | |
| Bentuk | Lingkaran, segitiga |
| Bilanagn | |
| Warna | Hijau |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting took buku, warung, sepeda - Skenario Waktu pergi ketoko buku Ahmad dan Hasan bertemu dengan temanya Ali yang sedang membeli es diwarung. Ahmad menyapanya dan bertanya : “kenapa kamu tidak puasa? Puasa kan wajib! Menahan makan, minum sebelum waktunya tiba. Puasa itu melatih kita untuk sabar” Ali berkata : kalau begitu aku besok aku mau puasa. Mereka bertiga kemudian pulang bareng naik sepeda - Peran Ahmad, Hasan, Ali, penjual es, pembeli es |
| Bahan dan alat | - Buku bacaan - Gelas/ plastik es, - Sepeda-sepedanan |
| Sebelum main | - Mengabsen anak-anak dan menanyakan keadaan - Menjelaskan tentang keutamaan puasa diantaranya, menahan makan, minum, sabar, akan mendapat pahala - Menjelaskan setting tempat main dan cara memainkanya - Mengajak anak anak membuat aturan main |
| Selama main | - Mengamati setiap main anak - Memberi gagasan bila ada anak yang belum memahami untuk menerangkan tokoh |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu untuk bermain sebelum beres-beres - Mengajak anak untuk beres-beres dengan klasifikasi - Mengulas kegiatan main - Berbagi cerita |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Istirahat dan makan - Penutup - Do’a - Salam |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : I
Tanggal : September 2010
Tema : Indahnya saling memaafkan
Sub Tema : keluarga
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : tepuk-tepuk+menyanyi |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : membahas tema dan membahas kosakata, diawali dengan membaca buku cerita |
| Kosakata | Keluarga, paman, bibi, ibu, ayah, adik, kakak |
| Konsep | Banyak sedikit |
| lagu | |
| Bentuk | Segi empat |
| Bilanagn | |
| Warna | Hijau, kuning |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting rumah, took, buah, jalan raya - Skenario Pada hari raya, kita akan pergi kerumah paman untuk bersilaturrahmi. Sebelum berangkat kerumah paman, kita memita izin kepada orang tua terlebih dahulu. Setelah itu kita mampir ketoko buah membelikan oleh-oleh untuk paman dan kita berangkat kerumah paman dengan mobil - Peran Kakak, adik, ayah, ibu, paman, bibi, penjual buah, sopir - Tujuan pembelajaran : anak dapat mengenal diri dan keluarga melalui proses silaturrahmi |
| Bahan dan alat | - Buah-buahan dari plastik - Meja - Kursigelas - Mobil-mobilan - keranjang |
| Sebelum main | - melakukan pemanasan dengan gerak membuat kereta berderet, melempar bola dll. - Berdoa - Menanyakan keadaan anak-anak - Mengabsen anak dll. - Menunjukkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk bermain - Membuat aturan main bersama anak |
| Selama main | - Mengamati setiap anak yang sedang bermain - Memberi pijakan pada setiap anak dengan mengemukakan pertanyaan terbuka - Mendukung anak untuk menceritakan hasil kerjanya - Mencatat kegiatan main anak dalam format pengamatan dengan merujuk pada indikator |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu untuk bermain sebelum beres-beres - Mengajak anak untuk beres-beres dengan klasifikasi alat sesuai bentuk, ukuran dan penggunaannya - Menanyakan siapa yang masih ingat dengan tema dan aturan main hari ini - Memberitahukan kegiatan besok kepada anak |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Istirahat dan makan - Penutup - Do’a - Salam |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : II
Tanggal : September 2010
Tema : Indahnya saling memaafkan
Sub Tema : Temanku
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : tepuk-tepuk+menyanyi |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : |
| Kosakata | Nama, alamat, rumah |
| Konsep | Banyak sedikit |
| lagu | |
| Bentuk | Segi empat |
| Bilanagn | |
| Warna | Hijau, kuning |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting stasiun, rumah, kereta - Skenario Hari ini kita mau mudik kerumah nenek, sebelum berangkat kita berdoa terlebih dahulu kemudian berangkat menuju kereta api. Kita sudah sampai distasiun, disana banyak penjual roti dan minuman. Kemudian kita naik kereta. Didalam kereta kita bertemu dengan teman baru dan kita ngobrol sama-sama - Peran Kakak, adik, nenek, masinis, pemnjual makanan, penjual minuman |
| Bahan dan alat | - Makanan buatan - Minuman buatan - Meja - Kursi - Kereta mainan |
| Sebelum main | - Ustadzah dan anak-anak duduk melingkar - Ustadzah mengabsen anak-anak dan menanyakan siapa yang tidak hadir pada hari itu - Berdoa bersama-sama sebelum memulai kegiatan - Ustadzah menyampaikan tema hari ini - Mengenalkan semua tempat dan alat main yang akan dilakukan anak - Bersama anak-anak membuat aturan main |
| Selama main | - Berkeliling diantara anak-anak yang sedang bermain dan mengamati perkembanganya - Member contoh main pada anak yang belum bisa menggunakan bahan/alat - Memberikan dukungan berupa pernyataan positif tentang pekerjaan yang sedang dilakukan oleh anak - Mencatat yang dilakukan oleh anak (jenis main, tahap perkembangan, tahap social) - Mengumpulkan hasil kerja anak, mencatat nama dan tanggal dilembar kerja anak - Bila waktu tinggal 5 menit, ustadzah memberitahukan keepada anak-anak untuk bersiap-siap menyelesaikan kegiatan |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu untuk bermain dan mengajak anak-anak untuk beres-beres alat dan bahan yang sudah di gunakan - Bila semua sudah tertata rapi, anak-anak diminta untuk duduk melingkar bersama ustadzah - Setelah semua duduk dalam lingkaran, ustadzah menanyakan pada setiap anak bagaimana perasaan anak saat bermain |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Istirahat dan makan - Penutup - Do’a - Salam |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : III
Tanggal : September 2010
Tema : Indahnya saling memaafkan
Sub Tema : Tetanggaku
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : tepuk-tepuk+menyanyi (tepuk rumah) |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : membahas tema dan membuat kossakata, diawali dengan membaca buku cerita |
| Kosakata | Angga, teman, Lebaran, ketupaat, sholat ied, tetangga |
| Konsep | Banyak sedikit |
| lagu | Saying semuanya |
| Bentuk | Segi empat |
| Bilanagn | |
| Warna | Hijau, kuning |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting masjid, jalan raya - Skenario Hari ini kita akan melaksanakan sholat ied di masjid. Diperjalanan kita bertemu dengan tetangga lalu bersama-sama kita berangkat ke masjid. Dimasjid kita sholat ied berjamaah - Peran Kakak, adik, ayah, ibu, imam, makmum, tetangga |
| Bahan dan alat | - Sajadah, mukena |
| Sebelum main | - Menyiapkan seluruh anak dalam bentuk barisan kemudian berjalan rapi dalam barisan menuju ruangan - Mengabsen anak-anak satu-persatu - Doa bersama - Menyebutkan tema dan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu - Member kesempatan kepada anak untuk memilih teman bermain mainan dan alat/bahan |
| Selama main | - Mengamati setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak saat bermain - Memberikan bantuan pada setaip anak yang membutuhkan - Mencatat semua hasil kerja yang telah dilakuan oleh anak - Mengumpulkan hasil kerja anak |
| Setelah main | - Mengingatkan pada anak waktu bermain sudah habis - Anak-anak diajak untuk membersihkan alat dan bahan yang sudah digunakan untuk bermain - Menanyakan pada setiap anak tentang pengalaman bermain yang telah dilakukan |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Istirahat dan makan - Penutup - Do’a - Salam |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : I
Tanggal : Oktober 2010
Tema : Pemuda Harapan Bangsa
Sub Tema : Negara
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta Pembukaan : salam, berdoa Alfazone :menyanyi Indonesia Raya |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : menjelaskan/ menceritakan tentang Negara kita |
| Kosakata | Indonesia, garuda, bendera, presiden |
| Konsep | Besar kecil |
| lagu | Indonesia Raya |
| Bentuk | Segi empat, segi panjang |
| Bilanagn | |
| Warna | Merah, putih |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting gedung/ istana, sekolahan, mobil, meja, kursi - Skenario Negara kita dipimpin oleh presiden dan wakil presiden dibantu dengan mentri-mentrinya mereka kerja digedung istana. Hari ini Bapak Presiden akan mengunjungi pameran buku yang diadakan disekolah. Bapak Presiden pergi kesana menggunakan mobil dikawal oleh Polisi - Peran Presiden, wakil Presiden , menteri, guru, murid, polisi, sopir |
| Bahan dan alat | - Gambar Presiden dan wakilnya - Buku bacaan |
| Sebelum main | - Menanyakan keadaan anak dan mengabsen terlebih dahulu - Membacakan buku tentang Negara Indonesia - Mengingatkan start dan finish |
| Selama main | - Mengamati setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak saat bermain - Menjelaskan kepada anak yang belum memahami aturan main - Mencatat kegiatan anak selama melakukan permainan |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu bermain sebelum beres-beres - Mengajak anak untuk beres-beres dan mengembalikan mainan pada tempat semula - Menanyakan perasaan anak selama bermain |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Istirahat dan makan - Penutup - Do’a - Salam |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : II
Tanggal : Oktober 2010
Tema : Pemuda Harapan Bangsa
Sub Tema : Kepulauan
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : menyanyi dari sabang sampai meraoke |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : menceritakan Negara kita terdiri dari pulau-pulau dan kota atau daerah |
| Kosakata | Propinsi, daerah, kota, desa, kabupaten |
| Konsep | Besar kecil |
| lagu | Dari sabang sampai meraoke |
| Bentuk | Segi empat, segi panjang |
| Bilanagn | |
| Warna | Merah, putih |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting kota pati, kota semarang, terminal bus, rumah - Skenario Ada sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu dan dua anak, mereka mau berkunjung ketempat paman dan bibi yang ada di kota Semarang. Mereka kesana naik bus jurusan pati semarang. Untuk bekal perjalanan anaknya membawa makanan dan minuman. Tiba dikota semarang mereka langsung istirahat dirumah paman dan bibi - Peran Ayah, ibu, anak, paman, bibi, sopir |
| Bahan dan alat | - Gambar, tempat minum, tempat makan, bus/ kendaraan mainan |
| Sebelum main | - Menanyakan keadaan anak dan mengabsen terlebih dahulu, - Mengatur tempat main dan membuat aturan mainnya bersama anak - Mengingatkan start dan finish - Menerapkan transisi sebelum main (dengan menyebutkan cirri anak, sikap) |
| Selama main | - Mengamati setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak saat bermain - Member pijakan pada setiap anak dengan menggunakan pertanyaan terbuka - Mencatat kegiatan anak selama bermain dan pengamatan |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu bermain sebelum beres-beres - Mengajak anak untuk beres-beres dan mengembalikan mainan pada tempat semula - Mengajak anak kelingkaran kecil - Menanyakan perasaan anak selama bermain |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Istirahat dan makan - Penutup - Do’a - Salam |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : III
Tanggal : Oktober 2010
Tema : Pemuda Harapan Bangsa
Sub Tema : Identitas Pemuda Yang Tangguh
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan Pembukaan : salam, berdoa Alfazone :menyanyi bangun pemuda pemudi |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : menceritakan tentang identitas pemuda hyang tangguh |
| Kosakata | Pemuda, pemudi, nama, alamat, profesi, pintar |
| Konsep | Besar kecil |
| lagu | Indonesia Raya |
| Bentuk | Segi empat, segi panjang |
| Bilanagn | |
| Warna | Merah, putih |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting rumah sakit, sekolahan, kantor polisi, kendaraan/bus - Skenario Disetiap daerah/ kota terdapat beberapa orang dengan berbagai jenis pekerjaan. Ada yang menjadi dokter, guru, sopir, polisi,. Mereka kerjanya pun di tempat yang berbeda, ada yang dirumah sakit, disekolah, dijalan, dan ada yang dikantor. - Peran Dokter, guru, polisi, sopir |
| Bahan dan alat | - Gambar Presiden dan wakilnya - Buku bacaan |
| Sebelum main | - Menanyakan keadaan anak dan mengabsen terlebih dahulu - Menjelaskan setting, aturan main dan cara memainkannya - Mengingatkan start dan finish - Menerapkan transisi sebelum main dengan menyebutkan ciri anak, sikap/ teka-teki |
| Selama main | - Mengamati setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak saat bermain - Memberi pijakan pada setiap anak dengan memberikan pertanyaan terbuka - Mencatat kegiatan anak selama melakukan permainan |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu bermain sebelum beres-beres - Mengajak anak untuk beres-beres dan klasifikasi alat sesuai dengan bentuk dan penggunaannya - Menanyakan perasaan anak selama bermain - berbagi cerita |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Istirahat dan makan - Penutup - Do’a - Salam |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : I
Tanggal : November 2010
Tema : Kambing Hewan Kurbanku
Sub Tema : Jenis-jenis hewan
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : tepuk-tepuk dan menyanyi (tepuk kucing) |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : membahas tema dan membut kosakata, diawali dengan membaca buku cerita “macam-macam hewan” |
| Kosakata | Kambing, sapi, unta |
| Konsep | Gemuk kurus |
| lagu | Mengenal nama hewan |
| Bentuk | Lingkaran |
| Bilanagn | |
| Warna | Hitam, putih |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting mobil, kebun binatang, kios sayur dan buah - Skenario Hari ini kita akan pergi ke kebun binatang dengan menggunakan mobil wisat. Didalam mobil wisata ada seorang pemandu wisata yang akan menjelaskan berbagai jenis binatang yang hidup dan tumbuh dilokasi kebun binatang. Disepanjang jalan ada penjual sayuran untuk member makan binatang-binatang. Kita pun membelinya dan segera menuju kandang untuk member makan gajah, jerapah dll. - Peran Anak-anak (penumpang), sopir, pemandu wisata, penjual sayuran |
| Bahan dan alat | - Mobil-mobilan, mikrofon mainan, kursi, sayur-syuran dari plastik, keranjang buah |
| Sebelum main | - Ustadzah dan anak-anak membentuk lingkaran - Ustadzah menanyakan bagaimana kabar hari ini - Mengabsen dan meminta pada anak-anak untuk memperhatikan siapa saja yang tidak masuk kelas pada hari itu - Berdoa bersama - Membacakan buku cerita yang berkaitan dengan tema |
| Selama main | - Member contoh pada anak yang belum paham menggunakan bahan/alat - Memberkan kesempatan kepada anak untuk memilih peran dan teman mainnya - Mengamati setiap anak bermain - Mencatat setiap hasil kerja yang dilakukan anak |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu bermain sebelum beres-beres - Mengajak anak untuk beres-beres dan mengembalikan mainan pada tempat semula - Mengajak anak untuk duduk membentuk lingkaran - Menanyakan perasaan anak selama bermain - Recalling : memancing anak untuk mengingat kembali tentang proses bermain yang sudah dilakukan melalui pertanyaan terbuka |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Istirahat dan makan - Penutup - Do’a - Salam |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 3-4, 4-5, 5-6 tahun
Pekan : II
Tanggal : November 2010
Tema : Kambing Hewan Kurbanku
Sub Tema : Hewan Kurban
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan dengan membentuk deretan seperti kereta Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : tepuk-tepuk (tepuk sapi) |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : membahas tema dan membut kosakata, diawali dengan membaca buku cerita “Nabi Ismail” |
| Kosakata | Kambing, sapi, unta, kerbau |
| Konsep | Gemuk kurus |
| lagu | Dombaku |
| Bentuk | Lingkaran |
| Bilanagn | |
| Warna | Hitam, putih |
| Kegiatan | - Pijakan lingkungan - setting masjid, tempat penyembelihan - Skenario Hari ini kita akan melaksanakan sholat idul adha di masjid berjamaah. Setelah sholat ied ada pemyembelihan hewan kurban. Setelah di sembelih daging hewan kurban dibagi-bagikan kepada penduduk - Peran Imam, makmum, penyembelih hewan kurban, anak yang membantu membagikan daging hewan kurban |
| Bahan dan alat | - Daging mainan, sjadah, mukena, pisau mainan, kambing mainan, sapi mainan |
| Sebelum main | - Mengajak anak-anak untuk berbaris yang rapi lalu duduk untuk memulai kegiatan bermain - Menanyakan kabar hari ini dan mengabsen anak satu persatu - Berdoa bersama sebelum melakukan kegiatan - Menjelaskan tema hari ini - Mengajak anak-anak untuk membuat aturan main - Menjelaskan cara menggunakan alat dan bahan yang diguunakan untuk bermain |
| Selama main | - Berkeliling diantara anak-anak yang sedang bermain - Member contoh cara main pada anak yang belum bias menggunakan alat/ bahan - Member dukungan berupa pernyataan positif tentang pekerjaan yang dilakukan anak - Mencatat kegiatan yang dilakukan anak - Mengumpulkan hasil kerja anak |
| Setelah main | - Mengingatkan anak bahwa waktu bermain sudah habis - Mengajak anak untuk membereskan alat dan bahan yang digunakan untuk bermain - Bila anak sudah rapi, mereka diajak untuk duduk melingkar bersama ustadzah - Setelah semuanya duduk, ustadzah menanyakan pada setiap anak tentang kegiatan main yang telah dilakukan tadi - Recalling |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Istirahat dan makan - Penutup - Do’a - Salam |
www.info-iman.blogspot.com