RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 5-6 tahun
Pekan : II Sentra Persiapan
Tanggal : 12-20 Juli 2010
Tema : Lingkungan Sekolahku
Sub Tema : Sekolah
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan Pembukaan : salam, berdoa Alfazone : tepuk-tepuk (semangat dan lomba berdiri dengan satu kaki bergantian dan menyanyi terimakasih guru) |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : lingkungan sekolahku |
| Kosakata | Sekolah, teman, guru, tempat bermain, jauh, dekat |
| Konsep | besar, kecil |
| lagu | Terimakasih guru |
| Bentuk | persegi panjang |
| Warna | Hijau, putih |
| Aturan | Tangan dijaga sabar Mulut dijaga antri Kaki dijaga teman disayang |
| Kegiatan | - Melipat kertas - Menggambar bebas - Membaca buku dengan melihat gambar - Menulis bebas |
| Bahan dan alat | - Kertas lipat - Buku “Aku dan Lingkunganku” - Buku gambar - Crayon - Spidol warna - Buku tulis - Kertas HVS |
| Sebelum main | - Menanyakan keadaan anak-anak, menghitung jumlah anak - Menanyakan siapa yang tidak hadir - Membacakan buku tentang “Aku dan Lingkunganku” - Menjelaskan setting tempat main yang sudah di siapkan dan cara memainkanya, membuat aturan main - Membagi tempat bermain |
| Selama main | - Mengamati setiap main anak dan mencatatnya - Memberi gagasan bila ada anak yang belum memahami cara menggunakan bahan dan alat main - Mendukung anak untuk menceritakan hasil kerjanya |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu bermain - Membereskan dengan klasifikasi alat sesuai bentuk, ukuran dan penggunaan - Recoling : menanyakan kembali pengalaman main anak |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Semua anak |
| catatan | - untuk TK A usia 4-5 tahun melipat garis lurus dengan jari - untuk TK B usia 5-6 tahun melipat kertas diagonal dan merapikan lipatanya - usia 3-4 tahun melipat bebas - untuk Play Group 3-4 tahun membaca tahap fantasi - untuk TK A usia 4-5 tahun membaca tahap pembentukan konsep diri - untuk TK B 5-6 tahun membaca gambar |
RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN
Usia : 5-6 tahun
Pekan : III Sentra Persiapan
Tanggal : 21-29 Juli 2010
Tema : Lingkungan Sekolahku
Sub Tema : Sekolah
09.30 s/d 09.45 | Kegiatan | Berbaris masuk keruangan Pembukaan : salam, berdoa Alfazone bernyanyi lagu anak berani, lomba berjalan mundur dengan jinjit/tumit |
09.45 s/d 10.20 | Kegiatan inti | Ceita : kegiatan di sekolah |
| Kosakata | Kelas, kursi, meja, loker, nama, papan tulis |
| Konsep | besar, kecil |
| lagu | Terimakasih guru |
| Bentuk | persegi panjang |
| Bilanagn | 1-15 |
| Warna | Hijau, putih |
| Kegiatan | - Menjahit - Mengurutkan angka - Menarik garis - Mewarnai |
| Bahan dan alat | - Kartu angka - Kertas bergambar - Perlengkapan menjahit - Pensil warna - Kertas hvs |
| Sebelum main | - Menanyakan keadaan anak-anak, menghitung jumlah anak - Menanyakan siapa yang tidak hadir - Mendiskusikan aturan main - Menjelaskan setting tempat main yang sudah di siapkan dan cara memainkanya - Membagi tempat bermain |
| Selama main | - Mengamati setiap main anak dan mencatatnya - Memberi gagasan bila ada anak yang belum memahami cara menggunakan bahan dan alat main - Mendukung anak untuk menceritakan hasil kerjanya |
| Setelah main | - Memberitahukan sisa waktu bermain - Membereskan dengan klasifikasi alat sesuai bentuk, ukuran dan penggunaan - Recoling : menanyakan kembali pengalaman main anak |
10.20 s/d 10.30 | Berdoa pulang | - Semua anak |
| catatan | - untuk TK A usia 4-5 tahun mengurutkan angka 1-5 - untuk TK B usia 5-6 tahun mengurutkan angka 1-10 - untuk paly group 3-4 tahun mengurutkan angka 1-3 - untuk Play Group 3-4 tahun menarik garis dibuatkan titik-titik kertas - untuk TK A usia 4-5 tahun menarik garis dibuatkan titik-titik persegi panjang - untuk TK B 5-6 tahun menarik garis sendiri membuat gambar persegi panjang |
www.info-iman.blogspot.com