Kamis, 01 November 2012

Lembar Catatan Ini


Catatan harianku…


Tujuan catatan kecil ini di tulis untuk mengingat diriku sebagai manusia biasa yang bisa setiap saat lalai atau lupa kepadaMU Ya Rabb. Dan pastinya catatan ini di ambil dari beberapa sumber yang dibaca atau dari mendengarkan ceramah,  karena  itu seperti ingat pesan salah satu Ustad yang mengatakan "kita akan selalu berusaha ke Allah Dulu….Allah Lagi …..dan Allah Terus…" (pesan Ustad Yusuf Mansur/Antv wisata hati). karena itu mencoba untuk mencatatnya segala yang baik apapun itu untuk mengingat.

Allah SWT yang telah memberiku hidup dan kebaikan-kebaikan yang tak pernah putus-putusnya didunia ini, tetapi aku sebaliknya, mahluk yang kurang bersyukur dan selalu melakukan dosa baik yang disadari ataupun tidak ku sadari dan baik yang kecil maupun yang besar itulah aku manusia biasa yang tidak luput dari dosa…..

Karena itu Ya Allah aku mohon, dengan teguran-teguran sayang-Mu atas dosa-dosaku ini ampuni aku, tunjukan dan tuntun aku ke  jalan yang lurus, jalan yang engkau Ridhoi,  Ya Rabb….Dengan Doa ini aku mohon ya Allah… dengarkan dan kabulkanlah…karena aku ingat Di Dalam al-Qur`an surat al-Baqarah ayat 186  Allaah Ta’aala berfirman :

“Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad saw.) tentang Aku, maka (jawablah), sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, supaya mereka selalu berada dalam kebenaran”

(HR. Bukhari) Allahuma anta robbi laa ilaha illa anta, kholaqtani wa ana’abduka wawa’dika mastatho’tu A’udzubika min syarimaa shona’tu, abuu-u laka bini’matika alayya, wa abuu-u bidzanbi, faqhfirly fainnahu laa yaqfirudz dzunuuba illaanta. 

(Ya Allah Engkau adalah Rabbku, tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Enggkau, Engkaulah yang menciptakanku, aku adalah hamba mu, aku akan setia pada perjanjian ku dengan mu semampuku, aku berlindung kepada mu dari kejelekan yang ku perbuat, aku mengakui nikmat mu dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu ampunilah aku sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau, Amiin).

(HR.Muslim) Ya Allah, aku berlindung Kepada-Mu dari Ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yg tidak khusuk, dari nafsu yang tidak puas dan dari Doa yang tidak terkabul. Ya Allah, Anugrahkan kepadaku jiwa yang takwa dan bersih, sesungguhnya Engkaulah sebaik2 yang memberihkan jiwa dan Engkaulah yang membimbingnya, Amiin.

Ya Allah perbaikilah bagiku Agamaku sebagai benteng urusanku, Ya Allah perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku, perbaikilah bagiku akheratku yang menjadi tempat kembaliku, jadikanlah Ya Allah kehidupanku ini penambah kebaikan bagiku dan jadikanlah kematianku sebagai kebebasanku dari segala kejelekan. (Semoga aku bukan termasuk dalam golongan orang yang dimurkai Allah, karena kesombonganku tak pernah berdoa dan doa yang bagus bisa menjadi amalan buatku, Aamiin. Allahuma Aamiin..)

Aku akan mengingat dan aku terus berusaha melaksanakan rutin ini Insya Allah :

Sungguh Allah itu Adil, dan tidak akan tinggal diam akan nasib hambanya yang menegakkan agamanya dengan benar. Allah akan mengganti ke-istiqomahan sesorang yang berada di jalan-Nya, dengan limpahan pahala yang berlimpah. Salah satunya  adalah mengerjakan Sholat wajib ditambah dengan sholat-sholat sunah yang rutin dan Amalan-amalan lainnya yang jangan sampai terlewatkan karena janji Allah memberikan hadiah-hadiah itu kepada kita sangat luar biasa,  sholat-sholat sunahnya yaitu :

SHOLAT DHUHA

Sholat Dhuha ; Sholat sunnat yang dilakukan pada saat mata hari sedang naik, sekurang-kurangnya sholat dhuha ini dua raka’at, boleh juga empat rala’at, enam raka’at atau delapan raka’at. Dan waktunya melakukan sholat dhuha kira-kira pada saat matahari sedang naik setinggi +-7 hasta (yaitu pukul tujuh sampai masuknya waktu zhuhur). Bacaan sholat dhuha pada raka’at pertama surat Asy syamsu/wasy syamsi wadluhaaha. Dan raka’at ke dua surat Adl-dluha/Wa dl-dluhaa wal laili.

Niatnya dalam hati ; Ushalli sunnatadl dluha rak’ataini lillaahi ta’ala, allahu akbar. (artinya; aku niat sholat sunnat dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala Allahu Akbar.

Sebainya setelah selesai sholat kita berdoa yang biasanya doanya sebagai berikut :

Allaahumma innadl dluhaa-a dluhaa-uka wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka walquwwata quwatuka, walqudrata qudratuka wal ishmata ishmatuka, allaahumma in kaana rizqii fissamaa-I fa anzilhu, wa in kaana fil ardli faakhrijhu, wa inkaana mu’siran fa yassir hu wain kaana haraaman fathahhirhu, wa in kaana ba-iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ikawabaha-ika wajamaalika, waquwwatika waqudratika, aatinii ma ataita ibaa dakash sha-a lihiin. 

(artinya; Ya Allah, bahwanyanya waktu dhuha itu waktu dhuhaMu, kecantikan adalah kecantikanMu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu dan perlindungan adalah perlindugnanMu. Ya Allah jika Rizkiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada didalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanMu, maka limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba yang shaleh)

Sabda Nabi Muhammad saw. Yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dalam hadits sebagai berikut:

Qaala Rasulullahi SAW: Man haafazha alaa syuf’atidl dluha, ghufira lahu-dzunubuhu wa in kaanat mitsla zabadil bahri. 

(artinya; Barangsiapa yang dapat melakukan sholat dhuha secara langgeng, maka akan diampuni dosanya oleh Allah sekalipun dosanya sebanyak busa lautan (HR.Turmudzi).

SHALAT TAHAJUD

Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu. Sekarang shalat Tahajud merupakan shalat yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan .
Firman Allah SWT di dalam Al-Qur’an :

“ Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”(QS : Al-Isro’ : 79)
Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi SAW telah bersabda :

“ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.”(HR Tirmidzi)
Bersabda Nabi Muhammad SAW : “Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )

Karenanya mulai dari sekarang jangan ragu untuk menjalaninya karena Janji Allah Benar!. Shalat Tahajud ialah sholat sunnat yang dikerjakan pada waktu malam, juga dinamakan (Qiyaamul-lail) sekurang-kurangnya dua raka’at dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas, pada raka’at pertama, membaca Surat Al-Kaafirun dan pada raka’at kedua membaca Surat Al-Ikhlash, waktunya sesudah sholat isya sampai terbit fajar. Sholat Tahajud ini sangat dianjurkan, karena pahalanya sangat besar dan tidak ternilai, sebab mengerjakannya di waktu malam yang tenang dimana seseorang dapat mendekatkan diri kepada Allah dengan sepenuhnya. 

Sholat diwaktu malam hanya dapat disebut sholat Tahajud dengan syarat apabila dikerjakan sesudah bangun dari tidur malam hari, sekalipun tidur itu hanya sebentar. Sebaiknya sepertiga waktu malam. Jika dilakukan tanpa tidur sebelumnya, maka itu bukan sholat Tahajud, tetapi sholat sunnat seperti sholat witir dan sebagainya.

Keutamaan Sholat Tahajud, Nabi Muhammad SAW. Menerangkan keutamaan sholat Tahajud, adalah suatu kewajiban tambahan yang diperintahkan Allah SWT. Kepada Beliau. Dengan Firman Allah SWT. Dalam Al-Qur’an mengatakan :

“Dan pada sebagian malam hari berholat Tahajudlah engkau sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat engkau ketempat yang terpuji” (Al-Isra’79)

Abu Hurairah telah menerangkan, bawha Nabi SAW. Pernah ditanya tentang sholat apa yang lebih utama salain dari sholat fardlu yang lima, maka Nabi lalu menjawab: “sholat pada waktu malam” (Hadits Riwayat Muslim).

Cara Mengerjakannya, 

Dalam hadits Nabi SAW sebagai berikut ; “Sholat malam itu adalah dua-dua apabila kamu khawatir masuk waktu subuh, maka berwitirlah satu raka’at saja”

Lafazh niat bisa dalam hati, Ushalli sunnatat tahajjud rak’ataini lillaahi ta’alaa Allahu Akbar.

Artinya; Aku niat sholat sunnat tahajud dua raka’at karena Allah ta’ala Allahu Akbar.

Setelah mengerjakan sholat tahajud sebaiknya Berdoa karena saat tengah malam itu adalah masanya doa dikabulkan Allah. Sesuai dengan hadits Bukhari, Bahwa Rosulullah apabila bangun dari tidur ditengah malam, lalu bertahajud dan membaca doa ini; 

Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardli wamanfii hinna walakal hamdu antamalikussamaa waati wal ardli waaman fii hinna, walakal hamdu anta nuurus samaa waati wal ardli waman fii hinna walakal hamdu antal haqqu, wal wa’dukal haqqu wa liqoo uka haqqu qaqauluka haq, wal jannatu haqqu wannaaru haq, wan nabiiyyuuna haqqu, was saa’atu haq, Allaahummalaka aslamtu wabika aamantu wa’alaika tawakkaltu wailai ka anabtu wabika khaashomtu wailaika haakamtu, fagh firlii maa qoddamtu wamaa akhkhartu wamaa asrartu wamaa a’lantu wa maa anta a’lamu bihii minnii antalmu qaddimu wa antal mu akhkhiru laa ilaa hailla anta walaa haula walaa quwwata illaa bil laahil’aliyyil’adhiim.

(Artinya; Ya Allah bagimu segala puji engkau pendiri langit dan bumi dan semua yang ada didalamnya bagimu segala puji engkau maha raja dilangit dan dibumi dan semua yang berada didalamnya bagimu segala puji engkau nur dilangit dan bumi dan semua yang ada didalamnya bagimu segala puji engkau maha benar janjimu benar pertemuan denganmu benar perkataanmu benar syurga dan neraka benar para nabi-nabi benar Nabi Muhammad saw benar dan hari kiamat benar Ya Allah kepadamu kami berserah diri kepadamu aku beriman atasmu aku bertawakal kepadamu aku kembali bersamamu akumenghadapi musuh dan dihadapanmu aku akan diadili ampunilah dosaku yang telah lalu dan dan dosaku yang akan datang, dosa yang aku sembunyikan dan dosa yang aku nampakkan, Engkau tidak berawal dan tidak berakhir tiada yang pautut disembah selain engkau, tiada  padaku daya dan kekuatan hanya daya dan kekuatanmu, Ya Allah Tuhan kami yang maha tinggi dan maha besar).

Aku akan luruskan niat ku untuk senantiasa mengerjakannya dengan ikhlas agar aku mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah Subhanahu wa ta’alaa. Amin. Ayo siapa yang mau ikut dalam hal kebaikan …jangan tunggu hari esok, jika hari ini Allah masih memberi kita nafas untuk kesempatan hidup tunggu apa lagi! dan tak lupa semua serahkan sama Allah … kembalikan sama Allah dan yakinlah Allah akan membimbingnya terus menerus…..Aamiin Ya Rabb….

Semoga catatan ini bermanfaat khususnya buat diri aku sendiri dan mungkin juga buat siapapun,  penting! bekal kita hidup selama didunia ini melakukan perintah-perintah Allah dengan rutin aja,  untuk menuju alam hidup yang kekal yaitu Akherat ....pastinya dengan mengetuk mintu Kematian terlebih dahulu. Tak lupa jika ada kalimat, bahasa, tulisan dan apapun bentunya yang tidak baik atau salah mohon dimaafkan. 
Terimakasih.