Kamis, 18 Oktober 2012

Siapakah Menurut Kamu Orang Bangkrut Itu?

Orang Bangkrut

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anha, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

“Tahukah kalian siapakan orang bangkrut itu?” Para sahabat menjawab,

” Orang bangkrut menurut kami adalah orang yang tidak punya uang dan tidak punya harta sama sekali.” Bersabda Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam,” Orang yang bangkrut di kalangan umatku adalah orang yang datang di hari Kiamat nanti dengan membawa shalat, puasa dan zakat.

Tetapi ia pun datang dengan membawa dosa mencaci si anu, menuduh si anu, makan harta si anu, menumpahkan darah si anu, memukul si anu. Akibatnya, diambillah kebaikan-kebaikan yang sudah ia lakukan dan diberikan kepada mereka yang ia zalimi. Jika kebaikannya sudah habis padahal belum selesai pembayaran kepada mereka maka dosa-dosa mereka lah yang akan dicampakkan kepadanya lalu ia pun kemudian dilemparkan ke neraka.” (HR. Muslim)

Dalam hadits lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan menggunjing?” 
Para sahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Beliau bersabda, “Engkau menceritakan saudaramu tentang sesuatu yang ia benci.” Dikatakan, “Bagaimana pendapatmu apabila apa yang aku katakan memang ada pada dirinya?” Beliau menjawab, “Apabila apa yang kamu katakan itu memang ada pada dirinya berarti engkau telah menggunjingnya dan apabila apa yang katakan itu tidak benar berarti kamu telah memfitnahnya,” (HR. Muslim)


Hati-hati sahabat jaga lisan kita dari membicarakan aib orang lain.