Senin, 27 Agustus 2012

Haji Atau Umroh

Umroh Dulu Baru Naik Haji

Ummat Islam mana sih yang tidak ingin menunaikan ibadah umroh? Apalagi ibadah haji? Selain sebagai salah satu Rukun Islam yang wajib bagi yang mampu, ibadah umroh dan haji juga memiliki nilai-nilai religius yang sungguh berbeda dengan ibadah-ibadah lainnya.



Sayangnya, tidak semua ummat Islam berkesempatan untuk dapat menunaikan ibadah umroh dan ibadah haji. Sebab, terutama adalah karena biaya untuk menunaikan ibadah ini tidaklah kecil, dibandingkan dengan ibadah-ibadah lainnya dalam Islam.


Belum lagi persoalan, mau naik haji harus menunggu bertahun-tahun karena begitu mendaftar langsung masuk daftar tunggu alias waiting list. Coba bayangkan,  untuk dapat menunaikan ibadah haji, saat ini diperlukan waktu sedikitnya 5 tahun baru bisa mempunyai kesempatan, karena banyaknya minat umat Islam di Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji.


Persoalan berikutnya, pada saat tiba waktu 5 tahun nantinya, kondisi dan sayaratnya harus siap dari sisi finansial. Bagaimana kalau pada saat itu, belum siap secara finansial? Ya berarti daftar tunggunya bisa lebih lama lagi.


Sebagaimana dikutip dari media online : Metronews (http://metronews.fajar.co.id) edisi 26/02/2010 Kasubdit Pendaftaran Haji dan Umrah Cepi Supriatna mengatakan waiting list (daftar tunggu) jamaah calon haji Indonesia hingga saat ini lebih dari 900 ribu orang. Dengan lain kata, untuk bisa naik haji jamaah harus menanti hingga 9 (Sembilan) tahun mendatang. Hal itu terjadi di beberapa daerah, seperti di Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat.  “Waiting list saja sudah 900 ribuan. Kuota kita musim haji 2010 masih 207 ribu. Makanya kita minta lagi kepada Pemerintah Arab agar diberi kuota tambahan,” kata Cepi di Jakarta, (25/2/2010).


Pernyataan tersebut disampaikan pada tahun 2010, coba dibayangkan, bagimana dengan kondisi jumlah pendaftar tahun sekarang dan tahun besok atau tahun-tahun berikutnya, bisa-bisa kita punya kesempatan naik haji setelah 10 tahun. Sepuluh tahun adalah waktu yang cukup lama,dan kita tidak tahu apa masih bisa tercapai  niat tersebut, karena persoalan umur (ajal) hanya Allah SWT yang mengetahui.  

Dengan demikian apa salahnya kalau didahulukan berangkat umroh dulu baru naik haji.


Kami akan selalu mencoba untuk terus menerus mencari solusi terbaik agar kesempatan bagi ummat Islam di Tanah Air yang memiliki niat suci berkunjung ke Baitullah menunaikan ibadah umroh dapat tercapai secepatnya apalagi kalau bisa berangkat dengan biaya yang relatif terjangkau. 

Semoga…. !!! Amin Ya Rabbal Alamin.