Selasa, 13 Maret 2012

Renungan Malam

Renungan
Ketika ibumu tertidur lelap coba kamu pandangi ia dalam-dalam dan bayangkan bila matanya takkan terbuka untuk selamanya, pastilah kamu akan meneteskan air mata namun tangan ibu tak akan lagi mampu untuk mengusap air matamu, tak ada lagi nasehat ibu yang dulu sering kamu abaikan. Ketika ibu sudah tiada muncul kesadaran di benakmu lalu hatimu berucap "Pernahkah aku membahagiakan ibuku?!  Oh sungguh besar pengorbanan ibuku"!Fatamorgana
Sahabat.. Apapun namanya di dunia ini, entah kedudukan, kekayaan, kepandaian, kecantikan yang tidak ditemani oleh iman ia hanya akan membuat pemburunya senantiasa kecewa. Ia disangka air yang bisa membasahi kerongkongan yang kering karena kehausan. Namun setelah didatanginya, sesungguhnya hanyalah berupa fatamorgana. Allah SWT berfirman : “Dan orang-orang kafir, amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. dan didapatinya (ketetapan) Allah disisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya. " (QS. 24 : 39). Sahabat. Karenanya, orang-orang kafir itu -karena amal-amal mereka tidak didasarkan atas iman, tidaklah mendapatkan balasan dari Allah Subhanahu Wata’ala di akhirat-- walaupun di dunia mereka mengira akan mendapatkan balasan atas amalan mereka itu. Semoga kita dijauhkan dari kekufuran atas segala nikmat Allah.
Dahsyatnya Iman
Iman-lah yang menjadikan Nabiyullah Muhammad Saw bisa tertidur dengan pulas sekalipun nyawanya dalam keadaan terancam. Karena sandarannya yang demikian kuat kepada hanya kepada Allah, bukan kepada yang lain. Bukan karena jabatan-jabatan, posisi, bukan pula uang, atau senjata.
Allah berfirman : “Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya : Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita.” (QS. 9 : 40). Maha suci Allah atas segala sesuatu.
Renungan malam
Do'a Mohon diberi Kemudahan
Allah berfirman yang Artinya: "Ya Allah Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini." (QS. Al-Kahfi: 10).Doa ini baik sekali dibaca oleh para pejuang muda yang menegakkan agama Allah agar mendapatkan keberhasilan dan kesuksesan. Karena doa tersebut adalah doa yang dibaca pemuda Ashhab al-Kahfi, yakni sekelompok pemuda yang beriman kepada Allah Swt. hingga mendapatkan petunjuk yang sempurna dari sisi-Nya. Doa ini dibaca oleh mereka ketika akan masuk gua sebagai persembunyiannya untuk menyelamatkan agama yang hak, agama yang mereka pegangi dari fitnah-fitnah dan orang-orang zhalim. Dan Allah Swt. mengabulkan doa mereka Kisah Ashhabu al-Kahfi dapat dibaca dalam Surah Al-Kahfi dari ayat 9-26.
Menjaga lisan..Mendapat jaminan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam untuk masuk ke surga karena menjaga lisan.. Mau? Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda dalam hadits dari Sahl bin Sa’d :“Barangsiapa yang menjamin untukku apa yang berada di antara dua rahangnya dan apa yang ada di antara dua kakinya (kemaluan) maka aku akan menjamin baginya al-jannah (surga).” (HR. Al-Bukhari).
YA Allah jauhkan kami dari siksa-Mu dan lindungi kami dari kekejian lisan ini.!
Orang berilmu pesti takut kepada Allah
Rasulullah SAW menjelaskan bahwa orang yang takut kepada Allah (karena kelembutan hatinya) adalah orang-orang yang berilmu, sebagaimana firman Allah SWT : “Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah ulama (orang-orang yang berilmu).” (QS Fathir [35]: 28). Semoga kita termasuk hamba Allah SWT yang selalu memelihara iman dan selalu takut kepada-Nya.
Ciri orang yang banyak ilmu
Seorang Tabi’in pernah berkata, “Siapa diberi ilmu dan tidak membuatnya menangis maka lebih baik baginya untuk tidak diberi ilmu, kerana Allah telah menerangkan bahwa sifat orang yang berilmu itu adalah menangis.” (HR Ad-Daraami).
Semoga kita termasuk orang yang berilmu kawan.. Dan banyak menangis karena Allah.
 
Sedikit tertawa
Rasulullah SAW pernah bersabda, “Demi Allah, seandainya kamu mengetahui apa yang aku ketahui niscaya kamu akan sedikit tertawa dan akan banyak menangis.” (HR Tirmidzi). Ya Allah jadikanlah kami hamba yang selalu mensyukuri nikmat-Mu!
by.Inspirasi Islami