Sabtu, 28 Januari 2012

Pesawat ruang angkasa NASA-KEPLER

kepler KEPLER, pesawat ruang angkasa NASA dijadwalkan meluncur dengan roket Delta II dari Cape Canaveral Air Force Station, di Florida,.Peluncuran Kepler ini akan menandai misi pertama pencarian planet yang mengelilingi orbit seperti matahari. 
 
Demikian dikatakan Jon Morse, direktur divisi astrofisika NASA, dalam jumpa pers di Washington, seperti dikutip dari AFP. Dalam misi menemukan planet seperti Bumi di luar sistem tata surya, NASA juga menyiapkan sebuah teleskop baru serta kamera terbesar yang pernah diluncurkan ke luar angkasa, dengan resolusi 95 megapiksel.??

William Borucki, kepala investigasi Ames Research Center NASA mengatakan proyek ini dilakukan untuk mencari planet yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin yaitu tempat yang kondisinya benar-benar sempurna untuk mendukung kehidupan.

Borucki bersama timnya akan mulai menganalisa data yang dikirim dari Kepler dalam waktu enam hingga dua belas bulan setelah peluncuran. "Lalu sekitar tiga atau empat tahun setelah misi dimulai, kita akan mengetahui bila ada planet yang bisa mendukung kehidupan."

Bila hasil penemuan membuktikan bahwa satu-satunya tempat yang bisa ditinggali hanya Bumi kita, maka Star Trek tetap khayalan belaka. Tapi siapa tahu, penemuan akan menunjukan ada tempat lain dan mahluk lain di luar angkasa sana yang kita bisa kunjungi.***